Kehidupan Masa Kini Serba Instan

Penulis: Kurniawan Tri Udayana
Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Sambar.id, Opini - Di Era saat ini merupakan Kehidupan masa kini yang serba instan ini, baik itu dalam bidang teknologi, transportasi, dan internet.


Bukan hal mustahil untuk setiap hal-hal menarik dapat kita dapat kita rasakan dengan sekali klik. Bahkan hal ini sudah bukan hal asing lagi bagi masyarakat saat ini.


Kemudahan dalam mengakses segala sesuatu semacam ini tidak hanya meringankan pekerjaan seseorang, bahkan ini sudah menjadi candu bagi masyarakat.


Sebagai contoh terkecil, orang malas keluar rumah untuk sekedar membeli makanan, mereka tak perlu cemas lagi karena saat ini sudah banyak aplikasi untuk memesan makanan dengan sekali klik langsung datang datang (yang penting ada yang lah yah), kemudahan ini juga sangat berguna untuk mencari informasi dengan cepat.


Untuk menyampaikan informasi pun tidak lagi harus bertemu langsung ataupun turun ke jalan untuk menyuarakan aspirasi. 


Begitupun dengan media massa, peran media massa begitu penting bagi masyarakat. Media massa ini merupakan sarana dan saluran resmi untuk penyebarluasan berita dan informasi kepada masyarakat luas. 


Perkembangan media massa khususnya di Indonesia mengalami pertumbuhan yang begitu luar biasa. 


Hal ini pun dimanfaatkan para Elite politik yang berupaya menarik simpati dari masyarakat dan memperkuat komunikasi politik mereka. Komunikasi politik tidak hanya sebatas pada pemilu saja.


Namun komunikasi politik juga dirancang untuk menyebarkan berbagai informasi terkait partai dan politikus tertentu. 


Beberapa elite politik yang saya kenal, mereka berkampanye dihadapan masyarakat dan mereka juga menyebarkannya di media sosial dan media massa karena seperti yang kita lihat bahwa media massa sangat cepat tersebar dan menjangkau khalayak yang lebih luas. (*)

Lebih baru Lebih lama