Kronologi Peristiwa Ledakan Areal Smelter PT. ITSS Kawasan PT. IMIP

Para korban sementara menjalani perawatan (doc.foto)
Sambar.id, Morowali, Sulteng -
Peristiwa terjadinya ledakan tungku yang menyebabkan terjadinya kebakaran serta mengakibatakan 12 Orang meninggal Dunia dan 23 Orang luka bakar, Areal Smelter PT. ITSS Kawasan PT. IMIP Desa Labota Kec. Bahodopi Kab. Morowali. Minggu, 24 Desember 2023 Pukul 05.30 Wita

Kronologi kejadian 


Pada pukul 5.30 menurut kesaksian karyawan pero silicone PT ITSS sedang melakukan perbaikan tungku, dan melakukan pemasangan plat pada bagian tungku tersebut, namun pada saat dilakukan pemasangan plat tiba-tiba meledak sehingga membuat beberapa tabung oksi di sekitaran area juga meledak dan menyebabkan kebakaran.


Hal itu membuat api semakin membesar sehingga karyawan yang ada di area tersbut berusaha menyelamatkan diri dengan cara melompat dari lantai 3.


Pukul 06.15 Wita, para korban yang berhasil terselamatkan di larikan ke klinik 1 dan 2 PT. IMIP untuk mendapatkan menanganan medis. Dan Pukul 08.30 Wita, Api berhasil dipadamkan.


Akibat kejadian 

Korban Pers :

13 Orang meninggal Dunia dan 32 Orang luka-luka


Disisi lain Kerugian materil :

Tungku PT. ITSS mengalami kerusakan berat dan diperkirakan kerugian mencapai milyaran Rupiah. 


Berikut data-data Korban 

Korban Meninggal Dunia 13 Orang sbb : Zulfikar (TKI) / Sudah dibawa pihak keluarga pulang kekampung (Kab.Engrekan -Sul-Sel), GuO Tao (TKA), Tobing (TKI), Muh. Taufik (TKI), Mesak (TKI), Abdul Mursalin (TKI), Mirsang (TKI)  dan 6 Orang yang MD belum teridentifikasi. 


Sementara Korban Luka - luka 32 Orang sbb : Amiruddin, Supirman, Patriansan, Muh. Arif, Restu, Matius, Harsudi Lataha, Irwan, Ahmad, Syahril, Panji, Rusli, Takdir,  Jefrianto, Nopi Pasea, Soni Sulaeman Tanna, Derianto, Emanuel abdiaunus, Fajar Imam, Ariato tammu, Enal Afandi Agus, Lerri Van Hansrianto Yulius Bangun, Lai Rongsheng (TKA), Bao Xuhui (TKA), Han Jianmin (TKA), Zhaoyuan ( TKA ), Wang Wang, Irfan B, Israfil, Leri


Berdasarkan informasi yang dapat dihimpun dari wartawan sambar.id dilapangan bahwa Sebagian Korban mengalami luka berat di sekujur tubuh diperkirakan 70% luka bakar dan 6 Orang korban meninggal dunia belum bisa diidentifikasi 1 Korban meninggal Dunia An. Zulfikar sudah dibawah pihak keluarga pulang kekampung untuk disemayamkan di Kab. Engrekan - Sul-sel. 


Sedangkan 21 Orang Korban luka-luka sudah di rujuk ke RSUD bungku, sementara 13 Orang masih di tangani tim medis di klinik 2 PT. IMIP, 2 Orang Korban luka-luka belum diketahui identitasnya. (Irsan)


Lebih baru Lebih lama