Peringati Hari Kartini Fatma Suarakan Inspirasi Perempuan Pasuruan Untuk Mencapai Potensi Penuh

 

Peringati Hari Kartini Fatma Suarakan Inspirasi Perempuan Pasuruan Untuk Mencapai Potensi Penuh

Sambar.id, Pasuruan - Diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Kartini di Indonesia. Raden Ayu Adipati Kartini Djojoadhiningrat, atau yang lebih dikenal sebagai Raden Ajeng Kartini, adalah tokoh penting dalam sejarah Indonesia sebagai pejuang kemerdekaan dan pejuang kesetaraan gender. Ia terkenal karena memperjuangkan hak-hak kaumnya, khususnya kaum wanita Jawa pada masa lalu, serta visi modernnya tentang pendidikan di Indonesia.(27/4/2024)


Dalam rangka memperingati Hari Kartini di Pasuruan, sejumlah tamu undangan antara lain perwakilan dari Pekka pemberdayaan perempuan kepala keluarga, PKK pemberdayaan kesejahteraan keluarga, dan Kaderling (kader lingkungan hidup) hadir dalam acara tersebut.


Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf (Fatma), istri dari Walikota Pasuruan "Gus Ipul," memberikan pidato dalam rangka memberikan semangat dan gambaran semangat perempuan sebagai warga Pasuruan untuk mencontoh semangat Ibu Ra. Kartini, sehingga perempuan di Pasuruan semakin maju dan menjadi wanita hebat yang terangkat derajatnya di Jawa.(26/4/2024)Pidato tersebut bertujuan untuk memotivasi para tamu undangan untuk mengambil inspirasi dari semangat perjuangan Ibu Kartini dan melakukan berbagai bentuk aksi nyata yang dapat memberdayakan perempuan Pasuruan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Selain itu, Walikota Pasuruan "Gus Ipul" juga memberikan arahan untuk seluruh masyarakat warga kota Pasuruan beserta jajaran staffnya agar bahu membahu semangat gotong royong dalam menjaga dan mengawal kota Pasuruan menjadi lebih asri, bersih, hijau dan sedap dipandang.


Acara peringatan Hari Kartini ini diadakan di Gedung Kesenian pada hari Jumat ,26 April. 2024


Dimulai pada pukul 18.00 WIB  hingga pukul 22.00 WIB. Acara ini dimeriahkan oleh senam sehat yang diiringi musik resik resik pasuruan, serta diakhiri oleh penampilan dari komedi dagelan Cak Percil CS. Acara tersebut dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai perangkat instansi pemerintahan, antara lain lurah dan camat sekota Pasuruan.


“Mbak Nikmah”, sebagai perwakilan anggota Kaderling yang berasal dari Bulu, Krampyangan, Bugul Kidul kota Pasuruan, memberikan tanggapan positif untuk acara peringatan Hari Kartini tersebut. Ia menyatakan bahwa acara tersebut sangat meriah dan berhasil memperingati Hari Kartini dengan penuh semangat dan dedikasi. Ia juga berharap bahwa acara peringatan Hari Kartini dapat menginspirasi lebih banyak perempuan di Pasuruan dan sekitarnya untuk mengejar mimpinya dan mencapai potensi penuh mereka.


Peringatan Hari Kartini di Pasuruan ini memberikan banyak pengalaman dan pembelajaran, khususnya bagi masyarakat Pasuruan. Selain itu, peringatan Hari Kartini ini memperlihatkan bahwa semangat dan tekad Ibu Kartini masih relevan dengan kondisi saat ini dan dapat menjadi inspirasi untuk persatuan dan kemajuan bersama.


 Dalam kesempatan ini, perlu kiranya bagi kita untuk mengambil inspirasi dari semangat Kartini dan mengimplementasikan nilai-nilai dalam setiap tindakan kehidupan kita sehari-hari serta berkontribusi dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat dan negara. (R.1.5/Jinjo)

Lebih baru Lebih lama