Kecamatan Kusambi Raih Juara Umum di Ajang STQH IV Tingkat Kabupaten Muna Barat 2023

Pj. Bupati Muna Barat Dr. Bahri, S.STP., M.Si, saat menyampaikan sambutan pada acara penutupan STQH tingkat Kabupaten Mubar 2023.

SAMBAR.ID, MUNA BARAT, SULTRA - Kecamatan Kusambi berhasil meraih juara umum di ajang Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hafalan Hadis (STQH) IV Tingkat Kabupaten Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kegiatan yang dirangkaikan dengan Festival Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) tersebut berlangsung sejak 17 - 21 Mei 2023 dan resmi ditutup pada Minggu (21/5/2023) kemarin.

Pj, Bupati Muna Barat, Dr. Bahri, S.STP., M.Si dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan STQH tidak sekedar mencari juara, namun bagaimana mengembangkan kecintaan masyarakat terhadap bacaan ayat suci Al-Qur'an dan hafalan hadis, sebagai pokok ajaran Islam dan pengamalan nilai-nilainya.

"Para peserta juara maupun yang belum berhasil meraih juara, bahwa semangat berkompetisi untuk meraih penghargaan tidak selayaknya sampai menggeser niat ikhlas untuk meningkatkan syiar Al-Qur'an dan hadis. Karena hakekat dari kegiatan ini adalah, bagaimana mampu membumikan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari," ucapnya.

Disebutkan pula, kepada peserta kafilah yang belum berhasil meraih prestasi dalam ajang kegiatan kali ini, diharapkan jangan berkecil hati, teruslah berlatih memacu diri untuk berprestasi di masa yang akan datang.

"Para Kafilah, Qori-Qoriah, Hafiz-Hafizah Bintang Vokal semua jenjang peserta, Grub Sholawat dan Fashion Show, yang meraih juara dalam pelaksanaan kegiatan STQH IV serta Festival LASQI tingkat Kabupaten Mubar 2023, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan agar dapat mengharumkan nama Kabupaten Mubar di ajang STQH tingkat provinsi yang akan dilaksanakan di Kota Kendari pada Juni 2023 mendatang.

Selain itu, kedepannya masih ada pula Festifal LASQI berskala besar tingkat provinsi, yang akan dilaksanakan di Kasipute ibu kota Kabupaten Bombana pada September 2023.

"Jika peserta kafilah yang akan berlomba di kancah tingkat provinsi mampu meraih juara satu, dapat mengharumkan nama Kabupaten Mubar, maka bonus umroh dari Pemda Muna Barat menantinya," ucap Dr. Bahri.
Pj. Bupati Mubar, Dr. Bahri, S.STP., M.Si (ke-4 dari kiri) saat foto bersama, setelah penyerahan piala penghargaan kepada peserta juara 1 STQH.

Adapun STQH, Tilawah Al-Qur'an, cabang Qori golongan anak-anak, Juara 1 nomor peserta TK 12 atas nama La Ode Fadel Muhammad Rustan dari Kecamatan Lawa, memperoleh nilai 94.

Cabang Qoriah juara 1, nomor peserta, TK 17 bernama Farisyaturrohmi dari Kecamatan Kusambi, mendapat nilai 94.

Golongan Remaja, Qori juara 1, nomor peserta TR 28 bernama Kaharuddin Kecamatan Napano Kusambi, dengan nilai 95.

Qoriah juara 1, nomor peserta TR 35, bernama Laila Qodriyah Karimu, Kecamatan Kusambi, mendapat nilai 97.

Golongan Dewasa Qori juara 1, nomor peserta TD 32, atas nama Fahturrohim Karimu, ST, Kecamatan Kusambi, dengan nilai 97.

Qoriah juara 1, nomor peserta TD 35, atas nama Sunarlina, S.Pd.I, Kecamatan Kusambi, mendapat nilai 96.

Golongan Tartil, Qori juara 1, nomor peserta T, bernama Nahnu Al Alif dari Kecamatan Kusambi, nilai 95.

QORI'AH juara 1 Nomor peserta T 39, Nama Thufailah Fathimah Kecamatan Maginti, dengan nilai 91.

Reporter : La Ode Abubakar



Lebih baru Lebih lama