Miris Alun - Alun Pusakanagara Terlihat Kumuh Dan Bau Busuk, Camat Cuek Cuek Aja Tuh



Sambar.id, SUBANG, JABAR - Alun-alun Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang, merupakan ikon kebanggaan warga Pusakanagara dan merupakan ruang publik milik Pemcam Pusakanagara. Namun sayang kondisinya saat ini begitu sangat memprihatinkan.


Alun-alun yang menjadi tempat nongkrong bahkan lokasi ini menjadi pilihan spot favorit saat akhir pekan warga Pusakanagara.

Namun, di tengah keindahan yang dimilikinya, kini kondisi alun-alun tersebut dikeluhkan masyarakat, tumpukan sampah yang berserakan di lokasi tersebut menimbulkan bau tak sedap dan kumuh.

Salah satu warga Pusakanagara Dian (35) yang sengaja beristirahat di tengah rindangnya pohon albasiah merasa prihatin atas kondisi alun - alun Pusakanagara yang terlihat kumuh.


"Saya bersama teman sangat prihatin atas kondisi alun - alun Pusakanagara yang terlihat kumuh dan bau busuk yang diakibatkan dari gundukan sampah yang berserakan, seperti kurang terurus dan terkesan adanya pembiaran oleh pihak Kecamatan," ucap Dian, Kamis (26/04/2024).


Selain itu warga lainnya, Indah (25) mengatakan, sampah bekas jajanan warga dan nongkrong berserakan.

"Saya lihat di bawah pohon  tempat kumpul penuh sampah bekas makan dan plastik yang belum dipungut," katanya.

Berdasarkan pantauan Sambar.id seperti yang terlihat pada Jumat (26/04) pagi. Aneka sampah berserakan, mulai dari daun kering, pembungkus makanan, plastik bekas minuman dan sampah-sampah lainnya. Sampah organik dan non organik ini, jelas mengganggu pemandangan alun-alun.


Kotor Mang, masak banyak sampahnya. Jadinya gak asyik kalau main kesini. Padahal, ini ranah publik yang kebersihannya ditanggung pemerintah.


Saya kira sampah-sampah ini sudah lama tidak dibersihkan. Terutama yang di lapangan atau pinggiran alun-alun. Kelihatan dari sampahnya yang mulai bercampur tanah dan bau busuk,” ujar Rendi pengunjung lainnya.

Tak hanya itu, ia juga merasa heran sejak pukul 08.00 WIB Rendi tak melihat satupun petugas kebersihan yang datang membersihkan area alun-alun Pusakanaga, sepertinya Camat-pun acuh tak acuh melihat sampah yang berserakan.

"Iya tadi pagi saya lihat Camat Pusakanagara datang dengan mobil Dinasnya, akan tetapi beliau sepertinya cuek saja tuh melihat sampah yang berserakan di alun - alun, seperti tidak ada upaya untuk membersihkan," keluhnya. (*)
Lebih baru Lebih lama