Sambar.id, Pangkalpinang, 23/10/2025 || PT TIMAH Tbk terus memperkuat komitmen untuk mewujudkan tata kelola pertimahan, salah satu upaya perbaikan yang dilakukan dalam upaya meningkatkan kinerja operasional adalah memperkuat hubungan saling menguntungkan dengan mitra usaha dengan mengoptimalkan proses pembayaran kepada mitra usaha. Langkah ini tentu menjadi bagian dari perbaikan tata kelola yang transparan untuk memperkuat rantai pasok, menjaga kelancaran produksi, serta membangun kemitraan yang baik hingga mitra usaha pertambangan.
Langkah ini dilakukan sebagai bentuk respon positif PT TIMAH Tbk atas berbagai masukan dan aspirasi dan untuk mendengarkan, mengoceh, dan menghadirkan solusi nyata demi terciptanya hubungan kemitraan yang lebih baik.
Sekretaris Perusahaan PT TIMAH Tbk Rendi Kurniawan mengatakan, “PT TIMAH Tbk terus melakukan pembenahan internal, salah satunya dengan melakukan perbaikan - perbaikan serta sosialisasi kepada mitra usaha khususnya terkait mekanisme proses pembayaran kepada mitra usaha. Hal ini penting untuk memastikan kelancaran operasional mitra sehingga bisa berdampak langsung kepada masyarakat”.
Selama ini PT TIMAH Tbk telah menggunakan sistem digitalisasi dalam mengakomodir proses pembayaran terhadap para mitra usaha, namun untuk melaksanakan efektifitas dalam administrasi kerja tersebut, perusahaan melakukan simulasi untuk memastikan proses pengumpulan dan pembayaran kepada mitra usaha dapat berlangsung dengan cepat dan meminimalkan kendala.
“Saat ini kita sudah melakukan sosialisasi kembali kepada mitra usaha dalam konteks tepat waktu pengumpulan, penggunaan aplikasi pembayaran dan kelengkapan dokumen administrasinya. Hal ini penting untuk diketahui dan dipahami dengan seksama agar proses pembayaran dapat dilaksanakan dengan lebih cepat.”Jelas Rendi
Selain itu, untuk memudahkan mitra usaha dalam proses pengumpulan yang dilakukan secara online, PT TIMAH Tbk juga telah melengkapi GBT atau stasiun pengumpul dengan ruangan administrasi yang lengkap dengan fasilitas komputer dan internet agar dapat memudahkan mitra usaha PT TIMAH Tbk dalam melaksanakan percepatan administrasi pengumpulan.
“Semua proses dilaksanakan secara online dan terintegrasi. Perusahaan juga meminta mitra usaha untuk menyiapkan tim administrasi yang dapat melakukan penginputan pengumpulan di areal GBT sehingga percepatan proses administrasi dapat dilakukan dengan cepat. PT TIMAH Tbk juga akan memberikan pendampingan langsung kepada mitra usaha dalam proses ini. Tentu ini juga membutuhkan kerja sama dan komitmen dari mitra usaha untuk mensukseskan hal ini,” kata Rendi.
Rendi berharap, para mitra usaha PT TIMAH Tbk dapat bekerja sama dan berkolaborasi agar lebih cepat dalam proses pembayaran, sehingga proses kerja sama ini bisa berlangsung transparan, akuntabel dan optimal.
Ia menambahkan, mitra usaha memiliki peran strategis dalam mendukung rantai pasok dan kegiatan operasional perusahaan. Oleh karena itu, kepastian dan ketepatan waktu dalam pembayaran menjadi bagian penting dari penerapan Good Corporate Governance (GCG) yang dijalankan PT TIMAH Tbk.
Selain mempercepat proses pembayaran, PT TIMAH Tbk juga melakukan berbagai langkah perbaikan sistem administrasi dan digitalisasi proses bisnis. Langkah ini menjadi bagian dari transformasi internal yang tengah digencarkan perusahaan untuk memperkuat tata kelola, meningkatkan efisiensi operasional, serta memperkuat integritas dan akuntabilitas dalam proses bisnis Perusahaan. (*)