MTsN 4 Buteng (Madrasah Favorit Kecamatan Gu) Buka Pendaftaran Peserta Didik Baru Mulai 22 Mei - 30 Juni 2023

MTsN 4 Buteng. (Foto: Anto Buteng/Sambar id)
SAMBAR.ID, BUTON TENGAH, SULTRA - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Buton Tengah (Buteng), yang beralamat di jalan poros Lombe-Tolandona, Desa Waliko, Kecamatan Gu, membuka penerimaan peserta didik baru mulai tanggal 22 Mei sampai dengan 30 Juni 2023.

MTsN 4 Buteng memiliki program unggulan yaitu unggul dalam bidang akademik maupun non akademik, seperti Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) dan Kompetensi Sains Madrasah (KSM).

Madrasah ini juga mengemban visi: Unggul dalam mewujudkan pribadi muslim yang berkualitas didasari ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), serta iman dan takwa (Imtak).
Kepala MTsN 4 Buteng Drs. Karim (gambar atas, memakai kopiah) memberikan sambutan saat apel pagi.
Selain itu, MTsN 4 Buteng mempunyai misi yang cukup spektakuler, diantaranya:
  1. Menumbuhkan penghayatan terhadap nilai-nilai ajaran agama Islam dan budaya bangsa.
  2. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif yang didasari iptek dan imtak.
  3. Meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur'an bagi siswa-siswi madrasah.
  4. Mengembangkan potensi kepribadian anak secara optimal.
  5. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif bagi seluruh civitas madrasah.
  6. Menjaga kesehatan fisik dan berprestasi dalam bidang olahraga.
  7. Meningkatkan dan mengoptimalkan sarana dan prasarana.
  8. Meningkatkan hubungan yang harmonis antar stakeholder terkait.
  9. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, berprestasi, berakhlakul karimah, dan bertakwa kepada Allah SWT.
Kegiatan pengajian Al-Qur'an di MTsN 4 Buteng.
Kepala MTsN 4 Buteng Drs. Karim menyebutkan, madrasah yang dipimpinnya saat ini menerapkan beberapa kegiatan ekstrakurikuler unggulan yaitu, kegiatan pengajian, zikir bersama, yasinan bersama, serta latihan kepramukaan.

"Semua kegiatan ekstrakurikuler yang diterapkan di MTsN 4 Buteng kita harapkan dapat menumbuhkembangkan kecerdasan intelektual maupun kecerdasan spritual," ujarnya saat dikonfirmasi oleh awak Sambar.id pada Sabtu, (20/5/2023).

Karim menjelaskan pula, kegiatan pengajian berfungsi untuk mengasah kemampuan dan kemahiran siswa-siswi dalam membaca maupun menghafal isi kitab suci Al-Qur'an.
Latihan pramuka mingguan MTsN 4 Buteng.
Sementara itu, latihan Pramuka mingguan juga bertujuan untuk pembentukan 23 karakter kepramukaan kepada para peserta didik selaku generasi penerus harapan bangsa, 

Diantaranya: religius, cinta alam, kasih sayang sesama manusia, patriot yang sopan, kesatria, patuh, suka bermusyawarah, rela menolong, tabah, rajin, terampil, gembira, hemat, cermat, bersahaja, disiplin, berani, setia, bertanggung jawab, dapat dipercaya, suci dalam pikiran, suci dalam perkataan, serta suci dalam perbuatan.

"Kegiatan proses belajar mengajar maupun ekstrakurikuler, itu semua akan berguna sebagai bekal penunjang keilmuan para peserta didik untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi nantinya, maupun untuk bekal dikemudian hari ketika mereka terjun di dunia kerja," jelasnya.
Salah satu gedung MTsN 4 Buteng. (Foto: Anto Buteng/Sambar id)
Ia juga menjabarkan persyaratan bagi lulusan sekolah dasar (SD) maupun madrasah ibtidaiyah (MI) untuk mendaftarkan diri di MTsN 4 Buton Tengah yaitu sebagai berikut:
  1. Fotokopi ijazah/Sertifikat Hasil Ujian Sekolah (SHUS)/Sertifikat Hasil Ujian Madrasah (SHUM).
  2. Pas foto ukuran 3x4 cm (Latar merah, pakaian MTs).
  3. Fotokopi Kartu Keluarga.
  4. Fotokopi Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), jika menerima.
  5. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua.
  6. Map snelhecter (Laki-laki warna biru, Perempuan warna merah).
Pembina Pramuka putera Pangkalan MTsN 4 Buteng, La Anto, S.Pd (kanan) dan pembina Pramuka puteri, Satia, S.Pd (kiri).
Di akhir pemaparannya, Drs. Karim juga mengatakan, untuk menunjang sarana prasarana yang memenuhi standar kelayakan dan kenyamanan belajar bagi peserta didik, saat ini gedung MTsN 4 Buton Tengah baru selesai direnovasi, yang menampilkan desain bergaya arsitek modern dengan polesan warna hijau kekinian, sebagai ciri khas madrasah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia.

"Khusus bagi para lulusan SD dan MI diseputaran Kecamatan Gu, ayo buruan mendaftar mulai dari tanggal 22 Mei sampai dengan 30 Juni 2023. Mulai tahun ajaran baru bulan Juli tahun 2023 ini gedung madrasah kita sudah serba baru, sehingga kita juga akan semakin nyaman," tutupnya.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas, maka dapat menghubungi nomor HP Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru MTsN 4 Buton Tengah, yakni:

Husna, S.Pd : 082393084034.
Arwin, S.Pd.I : 085341004263.
Agus, S.Pd : 085342934062.
Djamaluddin Tomsio : 082112311983.

Penulis : Anto Buteng
Lebih baru Lebih lama