Warga Desa Pangsor Sambut Positif Program Polisi RW



Sambar.id, Subang, Jabar - Kapolsek Pagaden Polres Subang Kompol H Undang Sudrajat, S.H, didampingi Bhabinkamtibmas Desa Pangsor Bripka H Sunaryo bersama Polisi RW Ipda Wawan Caswan,  serta anggota Polsek Pagaden melaksanakan sosialisasi program Polisi RW sekaligus bersilaturahmi dengan warga Desa Pangsor Kecamatan Pagaden Barat,  Sabtu (03/06/2023) malam.


Kegiatan sosialisasi yang bertempat di Masjid Al Barokah tersebut dihadiri Kepala Desa Pangsor Nunung Toyibah,  Ketua RW dan RT se-Desa Pangsor serta masyarakat RW 01 Dusun Kananga.

Kapolsek Pagaden Kompol H Undang Sudrajat, S.H, mengatakan, Polisi RW ini merupakan program Kepolisian untuk menjaga harkamtibmas dengan basis kewilayahan dilingkungan RW, dimana personil kepolisian akan langsung berkomunikasi dan berkonsolidasi dengan ketua RW, baik itu dengan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda maupun masyarakat sekitar," tutur Kompol H. Undang.



"Mekanismeunya tugas Polisi RW ini tidak jauh bebeda dengan Bhabinkamtibmas, hanya berbeda ruang lingkupnya saja, Polisi RW hanya pembinaan di lingkungan RW sebagai tugas tambahan, sedangkan Bhabinkamtibmas ruang lingkupnya  untuk satu Desa," terangnya.


Lebih lanjut Kapolsek mengatakan, dengan adanya program Polisi RW ini diharapkan ada interaksi positif antara Polri dengan masyarakat, dengan tujuan untuk memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada masyarakat, yang tentunya berdampak baik baik bagi terjaganya kondisi keaman dan ketertiban masyarakat, karena program ini juga merupakan bagian dari ptogram Quick Wins yang digagas oleh Mabes Polri," ungkapnya.

"Dengan kehadiran Polisi RW ini mari kita wujudkan dan laksanakan bersama demi terciptanya lingkungan yang aman dan kondusif khususnya di wilayah hukum Polsek Pagaden," ucap Kompol H. Undang.


Sementara itu Polisi RW 03 Ipda Wawan Caswan yang juga Panit Lantas Polsek Pamanukan ini, mengucapkan terimakasih atas sinergitas yang telah terwujud antara Kepolisian dan Pemdes serta masyarakat di Desa Pangsor ini, namun kita perlu lebih meningkatkan dalam rangka tugas  insidentil kepolisian, kordinasi jalin kebersamaan harus rutin kita laku," ujarnya


"Polri saat ini sedang melaksanakan program Polisi RW yang bertujuan untuk pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat atau harkamtibmas dilingkungan wilayah terkecil, Polisi RW akan berperan sebagai perwakilan Polri pada lingkungan RW, untuk mendengarkan, menerima keluh kesah, keresahan, keinginan,  harapan dan permasalahan yang ada di masyarakat.

Jadi Polisi RW ini langsung menyentuh tidak hanya di Desa saja mijinimal bisa mengenal siapa Pa RTnya, berapa Kepala Keluarganya, dan siapa Ketua RWnya dimana ia bertugas sebagai Polisi RW," jelas Ipda Wawan.

Dalam sosialisasi tersebut mendapat sambutan positif  dari Pemdes Pangsor dan warga Pangsor.

"Atas nama warga masyarakat Desa Pangsor kami sangat mendukung dan menyambut baik program Polisi RW yang digagas Mabes Polri ini , kami akan terus memberikan dukungan demi suksesnya program tersebut agar terciptanya situasi yang aman, yaman  dan kondusif di Desa Pangsor," terang Kepala Desa Pangsor Nunung Toyibah. ( Wawan Tugu )
Lebih baru Lebih lama