Adat Budaya Appadekko Tabaringan Tetap di Lestarikan

Jasman Syam, Kamsiruddin, Kahar Mannangkasi, Nur daeng Pasang
Tamu undangan 
SAMBAR.ID, TAKALAR, SULSEL - Pesta Rakyat Appadekko Tabaringan dengan tema merajuk Kebhinekaan dalam melestarikan appadekko di Tabaringan Kelurahaan Bonto Lebang, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi selatan. Kamis (01/06/2023)


Kegiataan appadekko sudah menjadi tradisi setiap tahun dengan berbagai pertunjukan aksi membuat masyarakat menyambut antusias para warga dan meriah.

 Dr. Burhanuddin SE,AK M,Si
pengamat Adat dan budaya
Pesta rakyat yang sempat oleh pengamat Adat dan budaya dihadiri Dr. Burhanuddin SE,AK M,Si, menuturkan bahwa kegiatan melestarikan appadekko adalah bentuk kebersamaan dan selalu memberikan dukungan.

"saya sangat berterima kasih kepada seluruh warga masyarakat Tabaringan karena terselenggaranya kegiatan melestarikan appadekko adalah bentuk kebersamaan dan akan saya selalu memberikan dukungan setiap pelaksanaan kegitaan budaya,hampir setiap kegiatan budaya di Kabupaten Takalar saya selalu menyempatkan diri untuk hadir," Tutur Mantan Orang Nomor satu di Takalar.

Hasis Sijaya S,Pd, MM
Ketua Panitia/Pemerhati Budaya 
Selain sari itu, Terlaksananya kegiatan Budaya Appadekko diTabaringan tak lepas dari Ketua panitia Hasis Sijaya S,Pd, MM memaparkan laporan pertanggun jawaban selanjutnya sangat berterima kasih kepada seluruh warga masyarakat di Tabaringan.

"Tampa adanya keterlibatan masyrakat maka saya bersama para panitia tidak punya apa-apa dalam pelaksanaan kegiatan ini maka tahun kedepan saya selaku panitia akan lehih meriah dari apa yang dilakukan sekarang," bebernya.

Antraksi sitobo Lalang Lipa
Ia menyebut tahun akan datang akan ditampilkan berbagai macam atraksi seni dan budaya,sekarang pihak panitia sudah menyiapkan berbagai hiburan seni dan budaya adapun yaitu Prosesi Adat, Apadekko,A'ngaru ,Aksi Pamanca,Sitobo lalang lipa,Rempa Gendang,Tari 4 Etnis dan tinju amatir.


"Saya berharap apa yang ditampilka para anak anak kita akan bisa tampil disetiap kegiatan seni dan budaya di dilaksanakan semua Kabupaten di Sulawesi Selatan," ungkapnya

Penari cilik
Dengan kemeriahan acara tersebut dihadir Ketua Federasi Advokat Indonesia (Ferari) Kota Makassar Kamsiruddin SE,SH,MH,CPCLE,CPA,CPM,CML,,Ketua DPD Legend Kiwal Garuda Hitam Takalar, JASMAN SYAM, Ketua Seni dan Budaya Legend Kiwal Garuda Hitam NUR DG.PASANG dan PEMBINA SAMBAR ID KAHAR MANNANGKASI

Dengan adanya kegiatan budaya di Tabaringan Kel.Bonto Lebang,saya mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan kegiatan ini menjadi ajang silaturahim serta tetap mempertahankan hubungan baik dalam bermasyarakat.


"Semoga tahun akan datang Seni dan Budaya Legend Kiwal Garuda Hitam (LKGH) akan ikut serta menampilkan berbagai atraksi," ungkap Ketua DPD LKGH TAKALAR JASMAN SYAM

Antraksi Pencak Silat
Seni dan Budaya itu adalah atraksi yang besumber dari dalam lubuk hati yang dapat menjadi nyata suatu keindahan gerakan atraksi yang ditampilkan yang kompak dengan gerakan ketulusan jiwa nurani.


"Seni dan budaya dapat dijadikan etika dalam kehidupan sehari hari untuk meningkatkan solidaritas dalam bermasyarakat,kehadiran saya bersama anggota Seni dan Budaya LKGH adalah suatu kebanggaan atas undangan Ketua panitia semoga kedepan saya akan tampilkan atraksi dihadapan warga masyarakat Tabaringa," tutup Ketua Seni dan Budaya Noer Dg.Pasang (*)

Lebih baru Lebih lama